Sabtu, 29 September 2012

Satu Pena Seribu Cerita


Alhamdulillah akhirnya kegiatan NEUTRON minggu ini berjalan dengan lancar. Acara ini dihadiri kurang lebih 20 peserta baik dari kelas 10, 11, ataupun 12. Alhamdulillah lebih baik dari sebelumnya. Sebelum acara ini, aku dan kawan-kawan rohis yang lain berkumpul dengan Bu Nanik, pembina rohis SMAN 6 Bogor. Beruntung banget SMAN 6 punya pembina rohis seperti Bu Nanik. Pembina rohis yang perhatian dan luar biasa. Bu Nanik bilang, “Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat, seperti ragi, ragi hanya diperlukan sedikit namun pengaruhnya sangat besar.” 

Disadari atau tidak masjid SMAN 6 Bogor itu emang megah, bagus, dan luar biasa banget. Cerita dari Bu Nanik nih katanya buat bangun masjid ini para wali kelas ngumpulin dana selama 6 tahun. Bukan waktu yang lama ya? Tetapi realitanya sekarang masjid sepi dan kotor. Masjid bagus tapi tak diimbangi dengan kualitas jamaah yang bagus. Seharusnya masjid bagus itu bisa jadi cerminan kualitas ibadah kita. Bersyukur banget Bu Nanik ngingetin, semoga aja setelah ini semuanya menjadi lebih baik. Semuanya! Termasuk rohisnya juga. Kata Bu Nanik juga “Kakak-kakak ILMA dengan segudang aktivitas yang mereka miliki, masih menyempatkan datang dan perhatian dengan rohis. Seharusnya kita yang aktivitasnya hanya sedikit bisa lebih semangat dan perhatian dengan rohis.”Mungkin segitu aja rapatnya.

Sekarang kita ke acara SATU PENA SERIBU CERITA. Pembicaranya murid SMAN 5 Bogor. Wow ya! Umurnya sama, tapi kakak kelas. Namanya kak Suci. Ka Suci mulai nulis sejak kelas 4 SD, novel pertamanya “The Roku G” #kalogasalah. Dan udah nerbitin 8 Novel. Subhanallah ya. Katanya si kakak awalnya Cuma coba-coba, dan ternyata naskahnya diterima. Oh iya si kakak ini bisa nyelesaiin 1 novel dalam waktu 1 minggu loh! Hebat yah!  Ini point-point yang aku dapet dari ka Suci, silakan di baca! Bermanfaat banget loh! Ngebantu banget buat jadi masukan dan inspirasi. Cekidot!

# Untuk menuangkan ide yang kita punya:
^Kita harus membuat kerangka karangan.
@ Bagaimana awalnya?
@ Bagaimana jalan ceritanya?
@ Bagaimana endingnya?
# Mencari keistimewaan dari setiap ide itu.
# Cara membuat cerita yang sederhana menjadi luar biasa adalah dengan pemilihan kata.
#Banyak membaca menambah kosa kata.
# Jika ingin menuliskan kisah seseorang dengan nama asli kita harus meminta izin dan persetujuannya terlebih dahulu.
# Agar naskah diterima kita harus:
^Memenuhi persyaratan penerbit seperti jumlah halaman
^Memilih tema yang jarang, unik, dan menarik.
^Menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.
# Menulis di sesuaikan dengan mood.
# Jangan takut untuk mengirimkan naskah ke penerbit.
# Ide cerita yang mudah adalah realita dalam kehidupan kita sehari-hari.


Sekian....
Jakarta, 29 September 2012. 19.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar